Perlu di Perhatikan Ketika Berkendara Saat Hujan

Berkendara saat musim hujan memiliki banyak resiko. Resiko tersebut disebabkan akibat jalanan yang menjadi lebih licin dan juga lubang pada jalan yang tertutup oleh genangan air. Selain itu, berkendara saat hujan juga memiliki potensi terjadinya aquaplaning yang bisa membahayakan pengendara. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan apa saja yang harus di perhatikan ketika berkendara saat hujan.

Perlu di Perhatikan Ketika Berkendara Saat Hujan

Kesiapan Kendaraan

Kesiapan kendaraan sangat menentukan untuk keselamatan pengendara ketika berkendara saat hujan. Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk memastikan kendaran siap digunakan saat hujan?

  1. Memeriksa kondisi ban: Ban merupakan komponen yang sangat vital, karena bersentuhan langsung dengan jalan. Dengan kondisi jalan ketika hujan menjadi lebih licin, peran ban menjadi lebih berat. Jadi dibutuhkan ban dengan performa yang prima.
  2. Memeriksa kondisi lampu mobil: Pastikan semua lampu mobil Anda berfungsi dengan baik. Mulai dari lampu depan, lampu belakang dan lampu rem serta lampu sen (bagian depan dan belakang).
  3. Memeriksa kondisi kontrol utama kendaraan: Bagian ini terdiri dari kemudi, pedal gas, pedal rem, dan kopling. Pastikan bagian ini berfungsi dengan baik.

Setelah memastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang layak untuk di kendarai saat musim hujan, yang perlu Anda ketahui berikutnya adalah bagaimana aturan atau cara mengemudi dalam keadaan hujan.

  • Berkendara dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi
  • Menyalakan lampu mobil (Jangan menggunakan lampu Hazard)
  • Selalu menjaga jarak aman berkendara
  • Selalu berhati-hati ketika melaju digenangan air

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, bisa mengantisipasi terjadinya resiko ketika berkendara saat hujan. Namun, tetap disarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan saat hujan semakin deras yang menyebabkan jarak pandang terganggu.

Ingat!!!…Kecelakaan saat berkendara tidak hanya terjadi karena kelalaian dari pengendara, tetapi juga karena kondisi kendaraan yang tidak dalam kondisi prima. Sangat disarankan untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan secara berkala untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima.

Tinggalkan Balasan